Penerapan
E-Business di Indonesia pada Dunia Bisnis dan Bidang E-Commerce (Webshop)
Judul
|
Penerapan E-Business di Indonesia pada Dunia
Bisnis dan Bidang E-Commerce (Webshop)
|
Penulis
|
Retno
Wulandari
|
Latar Belakang
|
Perkembangan
internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya.
Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk
berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat
menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia
maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek
kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan
sektor yang paling terkena dampak dari
perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta
paling cepat tumbuh. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia
perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai
permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi
yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen.
Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business
dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di
muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan
berhasil berbisnis di dunia maya.
|
Ruang Lingkup
|
Ruang
Lingkup dari penulisan makalah ini adalah untuk menjelaskan tentang E-business dan
bagaimana penerapannya, perannya dalam dunia bisnis, pengaruh besar yang
diberikan oleh penerapan E-business ini sendiri.
|
Metodologi Penulisan
|
Metodologi
yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi kepustakaan. Studi
kepustakaan adalah metodologi penelitian dengan cara mempelajari jurnal,
buku, artikel, skripsi, maupun refrensi yang ada yang berhubungan dengan
judul penulisan yang sedang dibahas.
|
Tujuan dan Manfaat
|
Adapun
tujuan yang ini diraih dari penulisan makalah tentang Implementasi E-business
di Indonesia ini adalah :
· Menjelaskan tentang E-business
· Penerapan E-business di
Indonesia
· Kelebihan dari
Implementasi E-business
· Pengaruh E-business didunia
bisnis dan webshop
Sedangkan
manfaat dari penulisan tentang Implementasi E-business di
Indonesia ini sebagai berikut :
· Mengetahui secara jelas
tentang E-business
· Mengetahui perusahaan Indonesia
mana saja yang sudah menerapkan E-business ini
· Mengetahui bagaimana E-business
memberikan manfaat yang besar di setiap bidang
|
Penerapan
E-Businness dan
E-Commerce
|
Paradigma E-Business
saat ini menjadi trend teknologi informasi
yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar
di Indonesia. Keuntungan yang diharapkan dapat
diperoleh perusahaan dengan menerapkan E-business
adalah untuk meningkatkan tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan,
memperluas jangkauan dan ruang gerak perusahaan
serta meningkatkan peluang perusahaan untuk
menciptakan produk dan jasa yang baru. Penerapan E-business pada
perusahaan di Indonesia diaplikasikan dalam beberapa sistem perusahaan
yang meliputi :
1. Sistem Fungsi
Bisnis (Functional Business System),
yang terdiri dari sistem marketing, sistem
sumber daya
2. Manusia, sistem manajemen
keuangan, sistem akutansi dan sistem manufaktur
3. Sistem Kerjasama Perusahaan (Enterprise
Collaboration System)
4. Sistem Transaksi (Transaction
Processing System)
5. Integrasi Aplikasi Perusahaan (Enterprise
Application Integration)
|
Perkembangan E-Business dan E-Commerce di Indonesia
|
Bisnis
yang memanfaatkan media Internet ini pada umumnya di Indonesia menggunakan model eBisnis seperti BtoB (business
to business), BtoC (business to customer), CtoC (costumer to
costumer). Internet Bisnis, data processing dan jasa
informasi lainnya menurut, INC-media bisnis terkemuka di Amerika, menetapkan
peringkat ke 1 dalam kategori bisnis yang memiliki prospek paling menjanjikan
hingga lebih dari 10 tahun mendatang. Adapun jenis-jenis Bisnis internet yang
berkembang saat ini antara lain:
· Bisnis Affiliate Marketing
· Bisnis Reseller
· Jual Produk Informasi
· Google Adsense
Sebagian
Perusahaan di Indonesia telah mengalami kemajuan dalam berbisnis melalui
Perusahaan DOTCOM, namun dengan adanya krisis keuangan di Indonesia pada
periode tahun 1998-1999 usaha ini banyak mengalami kehancuran, sehingga usaha
ini oleh sebagian besar pengamat ekonomi dianggap telah mengalami kegagalan.
Kegagalan yang dialami sebagian Perusahaan dotcom di Indonesia disebabkan
antara lain :
· Perusahaan belum optimal
melakukan pendekatan-pendekatan / mensosialisasikan kepada masyarakat umum
tentang kemanfaatan Perusahaan DOTCOM dalam kebutuhan bisnis
· Baru dari kalangan tertentu
yang menggunakan sarana TI untuk kepentingan bisnis.
· Terbatasnya sambungan Internet broadband.
· Minimnya propaganda berbisnis
melalui Internet.
· Masih rendahnya kepercayaan
masyarakat kepada web shop.
· Belum adanya dukungan
Pemerintah yang optimal dalam hal kebijakan dan regulasi.
· Belum optimal menampilkan
periklanan yang menarik bagi masyarakat berkaitan dengan Perusahaan DOTCOM.
· Perusahaan dotcom tidak
membidik pesan-pesan mereka ke audiens spesifik, namun terlalu general.
· Desain dan content dari
situs dotcom user-friendly
· Masing-masing judul yang ada di
halaman web dotcom tidak mengomunikasikan konten yang spesifik.
· Tiap-tiap halaman web dotcom
tidak menyediakan uraian yang rinci dari keseluruhan tema yang mengikat
tiap-tiap halaman web.
· Situs web dotcom mereka tidak
dibangun berdasarkan kata kunci dan frase keyword yang paling kompetitif dan
relevan di mata konsumen mereka.
· Tidak adanya statistik yang
dapat menunjukkan dari mana dan apa yang membuat pengunjung datang ke situs
web dotcom, dan halaman-halaman web mana yang tidak pernah atau jarang
dilirik, apalagi dibaca.
· Situs dotcom tidak nangkring di
urutan 20 besar dari situs pencari utama dan direktori besar yang menggiring
lebih dari 88% dari semua pencarian yang dilakukan di dunia internet.
|
Contoh
Webshop yang menerapkan E-Commerce di Indonesia
|
Sekarang
ini sedang maraknya penjualan Local Brand yang dijual secara Online.orang-
orang menyebutnya belanja online (Online shopping). Local
brand itu sendiri menjual hasil designnya, berupa
sepatu, baju, tas, dan sebagainya yang memilik merk (brand) sendiri.
Sangat sulit untuk seorang penjual Local Brand memasarkan
barangnya disaat banyak merk- merk ternama yang sudah sangat terkenal. Local
Brand ini sendiri bukan produk yang asal. Penjualnya memilih dari
segi material, model, size, warna sesuai dengan
trendnya. Untuk pengusaha kecil yang merintis dari awal tentu tidak mudah
dalam memperkenalkan produk mereka dengan modal yang tentu besar jika harus
membangun sebuah toko atau membuat website sendiri. Mungkin, mereka hanya
sebatas berjualan di mediasocial seperti twitter, facebook,
instagram saja itupun harus mengelola dengan baik karna tingkat kepercayaan Customer yang
masih minim untukLocal Brand Indonesia sendiri. Namun sekarang
sudah tersedia sebuah Webstore atauWebshop yang
membantu memasarkan Local Brand itu sendiri secara Online dengan
melakukan Shopping Cart lewat Website tersebut
24 jam non-stop. Ada dua namawebsite yang menyediakan
layanan ini, yaitu :
1. Berry Benka
Dilihat
dari jumlah pengunjungnya, situs yang menduduki peringkat pertama adalah
Berrybenka, toko online yang didukung oleh lebih dari 400 merk
sepatu ternama di dunia. Setiap bulannya, situs ini dikunjungi oleh lebih
dari 10 juta pengunjung dan melakukan transaksi sebanyak 300 hingga 400 di
setiap harinya. Berrybenka adalah pusat belanja fashion online yang
berbasis di Jakarta, Indonesia. Berrybenka menjual barang-barang dengan merk
ternama dengan harga yang terjangkau.
2. 8WOOD
Website yang
satu ini juga membuka webshop yang memudahkan para konsumen untuk
berbelanja melalui online. Website yang dimilik oleh seorang
artis Alice Nourin ini mencari Local Brand terbaik, lalu mengambil
produk ke owner Local Brandlangsung. Kemudian produk tersebut digunakan
oleh talent, difoto dan di unggah kewebsite 8wood. Website ini memiliki
kesamaan dengan BerryBenka. Design yang menarik, UI yang user
friendly dan bukan hanya sekedar catalog tapi pengunjung laman juga bisa
langsung melakukan shopping cart di website tersebut.
|
Kesimpulan
|
Berdasarkan dari bab- bab pembahasan diatas, dapat
ditarik kesimpulan dari penyusunan makalah Penerapan E-business di
Indonesia pada perusahaan dan untuk bidang E-commerce (Webshop), ialah
sebagai berikut :
· E-business pada
perusahaan terutama di Indonesia membawa dampak yang baik
·Meningkatkan
kinerja tiap perusahaan
· E-commerce yang
di implementasikan mendapatkan respon baik dari para pengguna
·E-business
dan E-commerce mampu membawa Indonesia ke kemajuan
teknologi yang lebih baik
·Persaingan
di tiap bidang menjadikan E-business dan E-commerce dijadikan
salah satu cara untuk mensiasati pesaing
· Bisnis
diberbagai bidang menjadi lebih instant dan bersifat paperless
· Bisnis
proses daily menjadi lebih terkontrol dan terkendali
|
Saran
|
Adapun
saran yang dapat disajikan dalam penulisan makalah Penerapan
E-business di Indonesia pada perusahaan dan untuk bidang E-commerce
(Webshop), ialah sebagai
berikut :
·Masyarakat Indonesia harus
lebih dikenalkan oleh pengembangan teknologi berupa E-business dan
E-commerce ini
·Teknologi di Indonesia harus
ditingkatkan
·Jaringan internet di Indonesia
harus ditingkatkan guna mendukung berjalannyaE-business dan E-commerce dengan
baik
|
0 komentar:
Posting Komentar